Kamis, 19 Desember 2013

Pengalaman Sitework at PT. Musashi Autoparts Cikarang

Hulaaaa setelah sekian lama akhirnya ada kesempatan dan mood lagi buat nulis di blog ini :D

Yang mau aku ceritakan kali ini masih tentang pengalaman selama Kerja Praktek di PT. Yokogawa Indonesia. Yap, pada bulan pertama kami sudah mendapat pelajaran dasar dari field instrument dan alat yang diproduksi oleh Yokogawa. Beberapa aku juga diajak ke perusahaan yang menggunakan alat dari Yokogawa, seperti PT. NGK Cheramics Indonesia, PT. Tifico Fiber Indonesia (ada pada postingan sebelumnya) dan PT. Ajinomoto. Tapi ketiga sitework ini hanya satu hari, jadi PP Jakarta-Tangerang dan Jakarta-Cikarang.

Pada pertengahan bulan November, yaitu bulan kedua kami Kerja Praktek, kami diajak untuk ikut proyek Site Calibration selama 2 minggu ke Cikarang. Sempat ragu apa kami juga mendapat fasilitas penginapan mengingat kami belum pegawai disini. Dan ternyata Pak Yoyok (atasan kami) mengatakan kalau kami juga mendapat fasilitas hotel dan transportasi seperti pegawai lainnya, yeheee :D ini tentunya akan menjadi pengalaman yang berharga karena kami ikut dalam proyek kalibrasi tahunan PT. Musashi yang merupakan proyek lumayan besar.

Kami berangkat Senin pagi tanggal 18 November 2013 dengan menggunakan 2 mobil yang sudah disiapkan oleh kantor sebelumnya. Kami memakai 2 mobil karena ada 8 orang yang ikut dalam proyek ini, yaitu Mas Gardia (leader proyek :D), Mas Boni, Mas Dani, Mas Rofik, Mas Wira, Mbak Listi, aku dan Ary. Jam 8 kami berangkat dari kantor dan sampai di kawasan East Jakarta Industrial Park (EJIP) Cikarang yang merupakan kawasan industri besar di wilayah Bekasi. Begitu sampai di PT. Musashi, kami langsung diberi pengarahan tentang kondisi dan peraturan yang berlaku di perusahaan ini. Salah seorang staff yang memberi arahan juga mengatakan bahwa dalam kawasan pabrik harus memakai safety equipments lengkap. Kami harus memakai safety shoes, helmet, ear plug (karena bunyi mesin yang cukup bising), dan masker (karena polusi udara yang disebabkan oleh pabrik).

Hari itu juga kami memulai pekerjaan kalibrasi. Yang akan dikalibrasi sekitar 74 Panel, dimana dalam 1 panel terdapat Recorder dan beberapa Controller serta Analyzer. Jumlah seluruh alat yang perlu dikalibrasi sekitar 295 alat. Tim dibagi menjadi 4, dimana setiap tim terdiri dari 2 orang yang akan mengerjakan panel sesuai dengan instruksi. Pengerjaan kalibrasi dimulai dengan mencatat parameter setiap alat (khusus Controller) baru kemudian alat tersebut dikalibrasi menggunakan Calibrator milik Yokogawa.

Salah satu panel yang akan dikerjakan
PT. Musashi ini merupakan perusahaan manufaktur yang memproduksi part mobil seperti gear dan part lainnya. Jadi kami bekerja diantara tungku pemanas dan rak rak penuh berisi part gear yang sedang dalam proses pengerjaan maupun yang telah siap dipasarkan.

Gear yang tersusun di rak

Part yang baru keluar dari oven
Karena kami bekerja diantara tungku yang sedang beroperasi, tidak jarang kami harus menghentikan pekerjaan sementara karena ada proses pemasukan part gear ke tungku pemanas dengan api berkobar.

Pembakaran part gear


Setelah selesai hari itu, sekitar jam 4 kami keluar dari PT. Musashi menuju hotel yang sudah dibooking untuk kami. Hari pertama kami menginap di Hotel Grand Cikarang. Wah, padahal cuma KP tapi kami juga dapat fasilitas hotel bintang 3 :D Setelah meletakkan barang dan mandi, malamnya sekitar jam 7 kami menuju Lippo Cikarang Mall untuk makan malam.

Yang kami lakukan sama setiap harinya, yaitu mengkalibrasi Recorder, Controller dan Analyzer yang terdapat pada panel-panel di pabrik tersebut. Jumlah alat yang dikalibrasi setiap harinya tidak tentu karena harus menunggu panel mana yang bisa dihentikan operasinya agar bisa dikalibrasi. Pada hari kedua, kami diberitahu mas Gardia bahwa kami harus check out dari hotel Grand Cikarang karena sudah dibooking orang lain, yang nantinya kami akan pindah ke hotel yang lain. Ternyata semua hotel di Cikarang sudah full booking karena ada event yang menyebabkan banyak yang memesan hotel di Cikarang. Sempat kelimpungan memesan hotel untuk hari ketiga karena sudah beberapa hotel yang dihubungi jawabannya full book semua. Akhirnya pada hari ketiga sepulang kerja kami check in di Hotel Java Palace, hotel yang baru saja diresmikan dan masih dalam masa promo hingga akhir Desember.

Dan ternyataa Java Palace ini hotel bintang 4 yang harga sewa kamarnya per malam sama dengan uang sakuku 2 bulan :D kami beruntung dapat masa promo karena baru saja peresmian. Pamer dikit boleh lah yaa :p

di Lobby hotel waktu baru sampai

Tapi hotel ini bukan persinggahan terakhir, karena 2 hari kemudian kami pindah lagi ke hotel Zuri Express dan Senin nya kami pindah ke HOM Hotel di Tambun. Yah, lumayan nambah pengalaman dan sendal hotel :))) Kami juga sempat melakukan kalibrasi ke Karawang karena PT. Musashi ini juga memiliki di plant di Karawang. Kalibrasi di Karawang dilakukan hari Sabtu tanggal 23 November.
Setelah 10 hari proyek, seluruh alat sudah dikalibrasi kecuali beberapa panel yang akan dikalibrasi pada tanggal 16 Desember. Pada 2 hari sebelum proyek selesai, saat sedang beristirahat, kami mendapat rezeki tak terduga lagi. Kami mendapat uang saku dari pengerjaan proyek ini, yang jumlahnya sama dengan uang makan kami sebulan. Alhamdulillaaah, ini rezeki yang tidak terbayangkan sebelumnya. Udah bisa ikut proyek keluar kota aja udah syukur, ditambah lagi dengan fasilitas hotel dan uang sakunya. Dan uang saku ini bukan yang terakhir, 1 minggu setelah proyek kami dapat lagi sejumlah uang yang sama nominalnya dengan uang saku pertama, ayeeeey! :D

Well, begitu banyak pengalaman berharga yang gak bisa dibayar dengan apapun saat sitework ini. Pengalaman berhadapan langsung dengan costumer, terjun langsung ke lapangan mengerjakan kalibrasi, membuka wawasan akan keadaan di wilayah yang baru, kerja sama dan kekeluargaan yang begitu terasa, dapat fasilitas hotel berbintang yang gak akan mungkin bisa kami dapatkan kalau bayar sendiri :p, serta uang saku yang (sangat) lumayan. Semoga ada kesempatan kami bisa sitework lagi o:).

Team Sitework Musashi
Di depan PT. Musashi

1 komentar:

  1. Dear : Custumer Import & Domestics
    Kami mengajukan kerjasama dalam pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN

    Service Kami,
    Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
    Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA
    Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera)
    Pengurusan Depperindag,Sucofindo,BPOM,Karantina dll.
    Pengiriman Domestic antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat

    Kami menyediakan container office sebagai berikut,
    Containert Office 20 Feet Standar Rp.
    Containert Office 40 feet standar Rp.
    Kondisi 80-85 %
    Containert Office 20 feet with Rp.
    Containert Office 20 feet with Rp.
    Kondisi 80-85 %

    Utuk perincian semua biaya customs clearance import maka kami perlutau data barang sbb,
    Invoice & Paking List.

    Utuk perincian semua biaya door to door import maka kami perlutau data barang sbb,
    Invoice & Paking List + Alamat jelas negara asal & Alamat jelas di indonesia.

    Utuk perincian semua biaya domestics maka kami perlutau data barang sbb,
    Paking List + Alamat jelas untuk pengambilan barang & Alamat jelas Bongkar barang.

    Berikut Attecment terlampir
    Kami menerima barang2 seperti Alkohol, Kimia, tetapi kimia yang ada disertai MSDS (Material Safety Data Sheet).

    Untuk keterangan lebih lanjut silah kan hubungi kami di nomor ( 021) 8549-5217 Hp.081905595199

    Best Regards,

    Jhony Wijaya
    Detp. Exim
    = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = =
    PT.CITRA SENTOSA PERKASA
    Jl. Matraman Raya No 7.Jakarta 13140 INDONESIA
    Phone: 021 85495217 ( Hunting ) Fax: 021 85495227
    Email : pt.citralogistics@yahoo.co.id,pt.citrasentosaperkasa@yahoo.co.id
    pt.citralogistics@gmail.com, jhony.cspcargo@gmail.com, pt.citrasentosaperkasa@gmail.com, jhony.csplogistics@gmail.com
    Website : www.citralogistics.com

    BalasHapus