Minggu, 29 Desember 2013

One Day Trip Taman Safari Bogor

Liburan long weekend kali ini saya dan pacar pengen ngetrip ke Bogor, kebetulan pacar juga sedang ambil cuti supaya bisa jalan jalan keluar kota menghilangkan penat karena pekerjaan sehari hari. Trip ke Bogor ini udah lama direncanakan dan udah googling gimana rute ke Bogor dengan naik transportasi umum.

Kami berdua berangkat dari kost jam 6.00 pagi menuju stasiun Duren Kalibata, setelah membeli tiket tujuan Bogor, kita dapat kereta sekitar jam 6.20 dan sampai di stasiun Bogor jam 7.15. Keluar dari stasiun Bogor banyak angkot yang ngetem di depan stasiun, lalu kami naik angkot 03 warna hijau jurusan Bubulak-Baranangsiang dan turun di Baranangsiang dengan tarif Rp.3000 (naik angkotnya yang pas di depan stasiun, kalau yang di seberang 03 juga tapi arahnya ke Ladon). Dari Baranangsiang kami naik angkot 01 jurusan Baranangsiang-Ciawi warna hijau juga, lalu turun di Tajur (tarif Rp.3000), pokoknya bisa di sepanjang Jln. Raya Tajur dan dilanjutkan naik angkot warna biru yang menuju Cisarua (tarif Rp.5000). Pilihan lain dari angkot 01 turun di Ciawi baru naik angkot biru ke Cisarua, karena sewaktu melewati Ciawi juga banyak angkot biru berkeliaran. Jalanan menuju Cisarua lumayan padat dan macet saat melewati Jln. Raya Puncak, sehingga baru sekitar jam 9 kami sampai di pertigaan Taman Safari yang ditandai dengan patung binatang di kanan jalan.

Karena belum sempat sarapan, kami makan di dekat pertigaan itu, bakso segede mangkok yang kalau gak salah namanya Bakso Super Reog :D 

Bakso Super Reog segede mangkok
Harganya lumayan mahal untuk ukuran bakso, 2 porsi bakso super + 2 es teh manis kami kena Rp. 82.000,00. Wew, yaudahlah itung2 pengalaman kuliner di Bogor. Sehabis makan kami naik angkot warna hitam (bisa juga angkot warna merah) dengan tarif Rp.5000 yang langsung mengantar kami ke parkiran Taman Safari. Yahuuu akhirnya sampai juga di gerbang Taman Safari. Kami membeli tiket terusan seharga Rp. 140.000,00 per orang dengan tanda tiket yang digelangkan di pergelangan tangan serta Map dan jadwal pertunjukan yang bisa kami ikuti menggunakan tiket terusan ini.

Dari gerbang kami jalan menuju shelter bus loreng yang tidak jauh dari gerbang. Tiket terusan sudah termasuk naik bus ini, yang akan mengantar kita mengelilingi Taman Safari. Dengan bus ini kita diajak berkeliling melihat aneka satwa yang dibiarkan hidup bebas dan berkeliaran bahkan tak jarang hewannya berada di tengah jalan :D


hewan yang bebas berkeliaran
badak bercula satu
kuda nil
singa

Selesai berkeliling selama kurang lebih 1 jam, bus berhenti di tempat rekreasi Taman Safari sekitar jam 11 siang. Waktu sampai di tempat rekreasi, sedang ada beberapa ekor gajah di tengah dekat restoran Rainforest. Setelah melihat jadwal, ternyata jam 11.30 memang ada pertunjukan gajah sumatera. Yey kita sampai tepat waktu! 

di depan show gajah

Pertunjukan gajah sumatera berlangsung sekitar setengah jam hingga jam 12. Lalu kami menuju Baby Zoo yang tidak jauh dari tempat show gajah.

Disini ada banyak hewan seperti kanguru, singa, macan tutul, dll. Untuk berfoto dengan hewan kita cukup membayar Rp. 35.000,00. Tapi karena saya takut dicakar singa mending gausah deh, cukup foto dari luar batas singanya aja :D
di depan kandang kanguru
Puas mengelilingi Baby Zoo, kami membeli tiket kereta wisata di resepsionis seharga Rp. 15.000,00. Tiket ini juga digelangkan di tangan jadi kita bisa pakai sampai jam 5 sore tanpa harus membayar lagi. Kereta wisata ini mengantarkan kita ke tempat show Lumba-lumba, koboi, tempat reptil, air terjun, dan tempat lainnya. 
tiket terusan dan tiket kereta wisata
Sampai di tempat show lumba-lumba jam 12.45, dimana show dimulai jam 13.00. Pengunjung sangat ramai bahkan ada yang tidak kebagian tempat duduk jadi terpaksa berdiri. Durasi show lumba-lumba ini sama dengan show gajah sekitar setengah jam. 



Sehabis show lumba-lumba sebenarnya kami ingin melanjutkan melihat show koboi, tapi mengingat kami pulang naik angkot dan perjalanannya jauuuh, akhirnya kami naik kereta wisata lagi menuju tempat rekreasi awal. Karena perut terasa agak lapar, kami beli cemilan donat dan ice cappucino di Cafe Onta sebelah Baby Zoo. 2 donat dan Ice Cappucino dihargai Rp. 71.000,00. 

Selesai makan kami menuju souvenir shop dan langsung kalap karena banyak boneka lucu lucu made in Indonesia. Akhirnya saya membeli 2 buah kaus, 1 boneka jerapah, 1 boneka singa dan 2 stiker Taman Safari dengan total Rp. 190.000,00 sedangkan pacar membeli 3 buah boneka seharga Rp. 110.000,00. 
Setelah foto foto sebentar, kami naik bus lagi menuju tempat parkiran. Disini kami ditawarkan ojek Rp. 20.000,00 per orang, katanya emang udah harga disana. Ada sih angkot tapi pastinya nunggu penuh dulu. Melihat keadaan yang kayaknya gak akan ada penumpang lain dan jam yang udah menunjukkan jam 3 sore, yaudah deh kami naik ojek aja sampai pertigaan Taman Safari. 

Dari pertigaan Taman Safari kami naik angkot biru lagi sampai di Tajur. Kemudian naik lagi angkot 01 warna hijau turun di Terminal Baranangsiang. Dari Baranangsiang naik angkot 03 turun pas di depan stasiun Bogor. Kereta berangkat jam 17.10 dari stasiun Bogor. Seharusnya jam 18.00 lewat sedikit kami udah sampai di stasiun Duren Kalibata, tapi waktu di stasiun Citayam ada sedikit kerusakan yang memakan waktu sekitar 15 menit, dan sampai di stasiun Depok kami dipindahkan ke kereta lain yang juga menuju Jakarta. Jadilah jam 18.30 kami baru sampai di stasiun Duren Kalibata lalu naik angkot sampai ke kost. Finally jam 19.00 kita sampai di kost an. Nice trip with my shawty! :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar